permintaan dan penawaran

Salah satu cara terbaik untuk memahami relevansi ilmu ekonomi adalah mulai dengan permintaan dan penawaran. Analisis penawaran dan permintaan adalah alat dasar yang kuat yang dapat diterapkan pada berbagai masalah penting dan menarik.

Atara lain adalah:

  • Memahami dan memprediksi bagaimana perubahan kondisi ekonomi dunia mempengaruhi harga pasar dan produksi

· Menilai pengaruh pengendaliah harga oleh pemerintah, upah minimum, dukungan harga, dan insentif produksi

  • · Bagaimana penetapan pajak, subsidi, tariff dan kuota inport mempengaruhi konsumen dan produsen.

Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Pengertian/Arti Definisi Permintaan dan Penawaran

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

Permintaan disini digolongkan menjadi beberapa yaitu:


a. Permintaan dilihat
dari daya beli konsumen ada 3 yaitu:
permintaan efektif
permintaan konsumen terhadap barang dan
jasa yang disertai dengan daya beli.

Permintaan Absoulut
Permintaan yang tidak didukung oleh daya beli namun Cuma oleh angan-angan. Contoh seorang anak SMA yang ingin membeli sebuah Laptopyang seharga 7.500.000 namun dia tidak mempunyai uang untuk membelinya.

Permintaan Potensial
Permintaan
yang akan diwujudkan dengan sejumlah uang yang dimiliki. Sebagai contoh seorang ibu yang hanya mempunyai uang 15.000. dia ingin membelikan baju bagi anaknya yang berumur 6 tahun jadi ibu itu mencari baju yang seharga sesuai dengan uang yang dia miliki.

b. Permintaan dari segi pendapatan
Permintaan konsumen adalah permintaan seluruh anggota masyarakat akan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup.contohnya adalah membeli makanan.
Permintaan Pengusaha adalah permintaan akan faktor-faktor produksi untuk membuat barang atau jasa. Contohnya suatu perusahaan roti membeli tepung untuk membuat roti.
Permintaan Pemerintah adalah permintaan oleh pemerintah untuk pengeluaran belanja pemerintah.

Permintaan luar negeri adalah permintaan barang dan jasa yang datang dari luar negeri contohnya adalah barang-barang ekspor.

c. Permintaan dilihat dari jumlah pemintanya.
Permintaan Individu adalah permintaan yang datang dari seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
Permintaan individu ditentukan oleh hal-hal berikut :
Harga
Harga merupakan faktor utama
yang mempengaruhi seseorang dalam membeli suatu produk.jika harga produk itu semangkin meningkat maka konsumen tersebut akan berusaha mengurangi pembelian produk.
Pendapatan
Jika pendapatan meningkat biasanya permintaan juga meningkat, tapi jika seseorang mempunyai pendapatan yang menurun atau bahkan dikeluarkan dari pekerjaan dan tidak mempunyai pendapatan maka kita akan mengurangi permintaan kita.
Jika barang
lain yang berkaitan.
Jika barang
lain yang berkaitan mengalami penurunan maka orang akan memilih barang tersebut daripada barang ayang akan dibeli. Sebagai contoh harga the mengalami penurunan maka orang akan memilih membeli the daripada membeli kopi yang biasa diminum.

Selera
Jika seorang siswa menyukai pentol goreng, maka dia
akan membeli pentol goreng dalam porsi yang cukup banyak daripada membeli manisan.
Ekspetasi
Ekspetasi sangat berpengaruh pada niat seseorang untuk membeli suatu barang atau
jasa sebagai contoh adalah jika anda memperkirakan bahwa harga suatu baju akan mengalami diskon besar-besaran pada akhir tahun maka anda tidak berminat untuk membeli baju sekarang.

d. Permintaan Pasar adalah permintaan yang dimiliki oleh masyarakat dalam waktu yang sama

Dalam melakukan penawaran, penawaran dapat digolongkan menjadi dua yaitu
Penawaran Individu
Penawaran Individu adalah penawaran yang dimiliki oleh seorang Penguasa
Penawaran besar/Kolektif
Penawaran yang terdapat pada pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar