MOTIVASI

Bersikap jujur dan terbuka tentang diri kita sendiri dan orang lain mengenai kebutuhan kita atau orang lain. Penuhi dahulu kebutuhan dasar kita sebelum mencoba memotivasi diri untuk mengejar tujuan yang lebih tinggi. Kejarlah tujuan kita yang lebih tinggi seteah kita memenuhi kebutuhan dasar.


Ketika hal telah kita penuhi, maka pada umumnya kita akan maju terus ke tujuan berikutnya. Kita tidak bisa termotivasi dengan mudah untuk kategori yang lebih tinggi dari keadaan kita sekarang (membeli kebutuhan yang tidak perlu saat kita kelaparan), ataupun dari keadaan yang lebih rendah dari kita sekarang. Mulai dan akhiri hari-hari dengan memasukkan hal yang positif dan menyenangkan ke dalam pikiran, seperti misalnya kata-kata atau cerita motivasi.


Kata motivasi tersebut semakin sering digunakan akhir-akhir ini. Hanya dengan niat, tanpa motivasi, belum cukup untuk mewujudkannya. Motivasi adalah daya pendorong dari keinginan kita agar terwujud.

“Motivasi adalah pohon yang Anda siram dengan kedisiplinan diri”


Coba latihan ini. Mengambil selembar kertas dan menulis beberapa tujuan dalam hidup kita. Di bawah satu judul, hal-hal yang igin kita lakukan’ Dan satu lagi di bawah, daftar hal-hal yang’ mustahil bagi kita untuk melakukan ‘. Per item yang di bawahnya kita bisa melakukan hal-hal yang dicapai, kita dapat memindahkan tujuan yang berada di bawah sesuatu yang ‘mustahil bagi kita untuk melakukan’ ke daftar hal-hal ‘yang mungkin dapat dilakukan. “

Motivasi dipengaruhi oleh dua factor, yaitu :

  • Motivasi internal

Factor ini berasal dari diri kita sendiri. Misalnya hasrat diri, rasa suka, rasa benci,

rasa sayang, dan pikiran.

  • Motivasi eksternal

Factor ini berasal dari luar individu atau lingkungan. Seperti pada sahabat, teman,

keluarga.



Tentunya setiap orang mempunyai kiat khusus sendiri-sendiri, seperti berikut ini:


1) tujuan

Dengan mempunyai tujuan maka berbagai cara akan saya lakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu penting sekali untuk menetapkan tujuan sesuai dengan ukuran kita. Kita tidak mungkin menetapkan tujuan yang jauh di atas kemampuan kita, tetapi jangan terlalu rendah sehingga kita akan santai karena mudah. Buatlah impian setinggi langit karena dengan impian tersebut kita akan memotivasi untuk meraihnya.


2) Visi dan misi

Merupakan angan-angan kita serta cara-cara kita untuk mencapai tujuan hidup kita. Dengan visi kita, maka pandangan yang akan kita capai terpampang luas di hadapan kita dan jelas terlihat gambaran apa yang akan kita raih dalam 5 atau 10 tahun mendatang. Untuk mewujudkan visi tersebut kita perlu membuat strategi dengan berbagai cara atau strategi yang jitu. Strategi ini merupakan cara kita untuk melaksanakan misi dalam rangka mencapai tujuan yang telah kita tetapkan.


3) Dekati ketakutan

sering kita takut untuk melangkah. Bayangan ketakutan dan kegagalan di depan kita, maka kita perlu merubah mindset kita menjadi orang yang mampu dan sukses. Ketika kita bertemu dengan ketakutan dan kegagalan, maka kita harus menghadapi bayangan takut dan gagal dengan menyingkirkan berbagai rintangan yang menghadang. Ingat kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, jadi janganlah takut gagal.


4) Tumbuhkan rasa senang dan nikmat

Rasa senang akan membuat gairah kita semakin hidup dan dapat menikmati apa yang telah Allah berikan kepada kita. Perasaan senang akan bertambah dan mempermudah pencapai tujuan hidup, sebaliknya jika sejak awal sudah tumbuh perasaan tidak suka maka motivasi tidak akan tumbuh dalam diri kita.


5) Bekerja keras

Ini mungkin yang sangat penting kita lakukan. Jarang atau bahkan tidak ada orang yang sukses hanya dengan berleha-leha atau santai. Untuk dapat meraih kesuksesan maka tidak ada kata lain selain kerja keras untuk mencapainya yang akan membangkitkan motivasi.

MOTIVASI BELAJAR


Motivasi Belajar bagi saya pribadi merupakan kunci untuk benar-benar belajar dan berhasil. Menurut saya, motivasi belajar yang sangat kuat pula maka akhirnya orang benar-benar belajar dan cepat mengerti apa yang dia pelajari, sebaliknya tanpa motivasi belajar yang bagus maka seseorang mesti dipaksa-paksa dulu baru dia mau belajar, atau hanya mau belajar karena takut tidak naik kelas misalnya.

Bergaul dengan orang yang senang belajar pun merupakan kunci untuk mencapai

keberhasilan.


Dibalik motivasi belajar mestinya harus ada pula motivasi yang lain, misalnya motivasi untuk sukses bisnis online dibalik motivasi belajar bisnis online. belajar agar dapat ilmunya, dan ilmu bermanfaat sampai ilmu tersebut diamalkan atau dipraktekkan. Coba saja belajar masak tetapi tak pernah masak, kapan bisa menikmati masakannya.


Motivasi belajar dapat ditumbuhkan dengan memposisikan diri kita seakan telah berada dalam kesuksesan yang paling kita impikan karena sukses belajar, bisa juga ditumbuhkan dengan memposisikan diri kita seakan-akan telah berada di posisi yang paling tidak diinginkan karena gagal atau tidak belajar.

Secara alami orang termotivasi oleh 2 hal, yaitu :

  • ingin yang enak

  • menghindari yang tidak enak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar